Bingung Mau Ngapain di Kampung Pelangi Semarang? Lakukan Beberapa Kegiatan Ini

hotel Semarang rekomendasi Pegipegi

Kota Semarang terkenal dengan beragam tempat wisatanya yang unik dibanding dengan kota lainnya. Salah satu yang menyita perhatian dan juga dibicarakan di berita-berita luar negeri adalah Kampung Pelangi. Sebuah area yang ideal untuk berfoto dengan latar yang sangat instagramable. Di kampung ini juga terdapat pemberdayaan masyarakat demi mengembangkan serta merawat lingkungan sekitar.

 

Sejak awal, kampung ini termasuk dalam kategori kampung yang tidak terawat atau bisa dikatakan kumuh. Lalu ada seorang Kepala Sekolah bernama Slamet Widodo yang punya inisiatif untuk mengubah lingkungan agar lebih terawat. Inspirasi tersebut diperoleh dari kota lainnya seperti Kampung Kali Code Jogja yang penuh warna ketika dilihat dari jalan.

 

Agar ada perubahan kondisi kampung, Slamet memutuskan untuk membuka kerjasama dengan Pemkot Semarang serta beberapa pihak swasta yang bertujuan menyulap kampung bernama Wonosari menjadi semua tempat wisata. Sebanyak total 325 rumah direnovasi dan dilakukan pengecatan bermacam warna untuk menghiasi dindin serta bagian atap. Ditambah juga pada beberapa area jalan, dibuat mural dan juga lukisan 3 dimensi yang indah. Hal itulah yang membuat kampung ini dikenal dengan Kampung Pelangi karena penuh warna. Lalu apa yang bisa dilakukan jika berkunjung ke tempat ini? lakukan beberapa kegiatan di bawah ini.

 

Melihat keindahan kampung

 

Area paling menarik tentunya rumah-rumah yang dihias cantik dan dicat berwarna cerah seperti hijau, merah, pink, kuning, ungu, dan warna cerah lainnya. Hampir setiap rumah memiliki warna yang mencolok dengan aksesoris tambahan seperti bendera dan pernak-pernik yang lain. Sekarang semuanya sudah berubah yang tadinya kumuh menjadi bersih dan asri mulai dari pintu masuk hingga area dalam.

 

Keliling kampung

 

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu berkeliling kampung dengan menjelajahi setiap sudutnya. Apalagi banyak jalan-jalan dengan ukuran kecil yang tidak kalah dengan jalan besar, tetap tampil mencolok dengan warna cerah dan cocok untuk foto. Jika merasa butuh istirahat saat berkeliling, maka sudah ada beberapa bangku taman yang disediakan. Pada salah satu area, ada taman bernama Kasmaran yang dijadikan tempat untuk pasangan menikmati Kampung Pelangi dari atas. Disini juga terdapat area untuk meletakkan gembok sebagai tanda cinta pasangan.

 

Dua kegiatan di atas bisa dilakukan ketika berada di Kampung Pelangi. Keindahan kampung ini juga akan terasa ketika malam hari yang hadir dari beragam cahaya lampu yang tentunya berwarna-warni juga. Jika ingin sampai malam dan besoknya ingin mengunjungi tempat wisata lain, sebaiknya cari hotel Semarang rekomendasi Pegipegi yang pasti jadi pilihan terbaik. Rekomendasinya adalah hotel POP Pemuda yang hanya sekitar 600 meter dari kampung ini. Untuk bermalam di hotel bintang 2 ini, biaya yang mesti dikeluarkan sebesar 260 ribuan. Agar persediaan kamar tidak habis, langsung saja pesan hotel online dengan aplikasi Pegipegi.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.