Istilah yang Harus Diketahui Berkaitan dengan AC Inverter Terbaru

AC inverter terbaru merupakan pilihan terbaik bagi konsumen yang ingin menikmati kesejukan ruangan dengan cepat. Kompresor AC inverter menawarkan sistem berbeda dari tipe pendingin udara lainnya. Pasalnya, kompresor akan terus menyala selama AC dihidupkan dan mempertahankan suhu ruangan sesuai keinginan.

6 Istilah Penting AC Inverter

Berkunjung ke toko AC untuk memilih dilakukan oleh konsumen. Banyak istilah baru pada AC inverter yang sulit dimengerti bagi yang belum pernah mendengarnya. Oleh karena itu, berikut dijelaskan beberapa istilah agar konsumen tidak kebingungan.

  1. PK

PK singkatan dari paard kracht adalah besaran tenaga yang diperlukan AC untuk mendinginkan suhu ruangan. Semakin tinggi ukuran PK maka luas ruangan untuk pemasangan pendingin juga semakin besar. Sering kali istilah ini diikuti dengan BTU atau British Thermal Unit.

  1. Tipe Inverter

Merupakan salah satu tipe AC dengan teknologi inverter mampu melakukan pengontrolan kecepatan motor kompresor. Tipe inverter menggunakan daya listrik lebih tinggi saat AC baru dinyalakan. Tujuannya agar suhu udara lebih cepat dingin.

Selanjutnya, ketika suhu sudah mencapai angka sesuai remote control. Kompresor akan bekerja lebih lambat. Biasanya lebih dikenal dengan AC hemat listrik agar mudah mengingatnya.  Makanya, ketika mendengar nama inverter, konsumen langsung paham bahwa AC ini tipe irit listrik.

  1. Freon

Freon atau refrigerant adalah salah satu komponen penting penunjang mesin AC. Tanpa adanya refrigerant ini maka suhu ruangan tidak akan pernah bisa dingin, meskipun AC sudah dinyalakan. Freon berbentuk senyawa kimia memiliki fungsi sebagai fluida dalam mengatur suhu.

Sifat freon tidak berwarna serta tidak berbau. Jadi, akan sulit dilihat dengan mata telanjang. Terdapat beberapa tipe freon yang dibedakan dengan angka-angka sesuai komposisi molekulnya. AC inverter menggunakan freon terbaik melindungi penipisan lapisan ozon yaitu tipe R410A.

  1. Filter Pendingin Udara

AC memiliki filter atau penyaringan untuk menghalau kotoran sebelum udara dihembuskan. Karena hal ini, menghasilkan udara bersih serta sehat. Namun, seiring waktu berlalu filter AC juga bisa terkena kotoran debu sehingga harus sering dicek kebersihannya.

Jika hal ini terjadi dan tidak dibersihkan, AC akan berisik dan mengganggu kenyamanan pengguna. Maka, dari itu perlu perawatan dengan baik. Jika tidak tahu cara membersihkan, bisa memanggil layanan pembersihan AC dari Daikin Indonesia.

  1. Soundproof

Merupakan teknologi dimiliki unit pendingin udara agar tidak berisik. Sebagian kompresor pada AC ada yang berisik. Hadirnya soundproof untuk meredam kebisingan ini. Menariknya lagi, soundproof lebih aman karena anti air dan api sehingga lebih tahan lama.

  1. Triple Protection

Adalah fitur keamanan yang sengaja dipasang pada AC untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan pengguna. Selain anti api dan air, juga anti bocor dan temperatur tinggi. Hal ini menyebabkan komponen AC lebih aman dari berbagai kerusakan.

Itulah 6 istilah berkaitan dengan AC inverter terbaru yang sebaiknya diketahui pengguna AC. Berbeda dengan penjual atau orang yang bekerja di toko AC, pasti sudah paham hal ini. Mengetahui dan mengingat istilah memudahkan pengguna dalam melakukan pemilihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.