3 Makanan Orang Tua yang Sehat untuk Tubuh

makanan orang tua

Perubahan tubuh yang terjadi dengan seiring bertambahnya usia, tentu akan membuat perubahan sistem pada perncernaan, hormon, maupun selera. Ditambah lagi , jika lansia mengalamai kondisi medis dan sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang akan membuat kehilangan selera makan.

Pastinya lansia membutuhkan asupan nutrisi harian yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh maupun energi untuk berkativitas seharian. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja makanan orang tua yang sehat untuk tubuh, antara lain yakni :

Apa saja Makanan Orang Tua yang Sehat untuk Tubuh?

 

Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Perlu anda ketahui bahwa berdasarkan survei yang telah ditinjau oleh seorang peneliti menunjukkan bahwa lansia di anjurkan untuk memenuhi asupan kalium dari buah dan sayur seperti pisang dan kentang. Kebanyakan orang tua tidak memenuhi klebutuhan kalium harian yang direkomendasikan yaitu 4700 mg kalium perhari.

Walaupun lansia kekurangan kalium tidak terlalu masalah, namun asupan kalium tetap penting untuk meningkatkan sel, menurunkan resiko penyakit batu ginjal, mengurangi tekanan darah, dan memperkuat tulang.

Konsumsi Makanan Asam Lemak Omega-3

Rekomendasi selanjutnya yaiutu lansia harus mendapat asupan asam lemak omega-3 setidaknya dua kali seminggu. Lansia harus mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 yang baik untuk mencegah peradangan penyebab berbagai kondisi medis seperti kanker, radang sendi, rheumatoid, hingga penyakit jantung.

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk memperlambat resiko penyakit Alzheimer dan degenerasi makula atau gangguan penglihatan yang umum terjadi pada lansia.  Sementara untuk mendapatkan makanan asam lemak omega-3, anda dapat mengonsumsi jenis makanan seperti, ikan salmon, tuna, kacang, kedelai, kenari, dll.

Konsumsi Makanan Kaya Serat

Seiring bertambahnya usia sistem pencernaan semakin melambat akibat dinding saluran pencernaan yang menebal dan berkontraksi lebih pelan. Kondisi ini bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan serat.

Contoh makanan sehat untuk lansia adalah serean gandum, kacang-kacangan, roti gandum, beras merah, roti coklat, buah-buahan, dan sayuran. Manfaat makanan serat adalah meningkatkan sistem pencernaan atau di kenal dengan istilah mencegah penyakit jantung.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.