Obat Penenang yang Aman

Alprazolam adalah obat penenang yang sering digunakan dalam dunia medis untuk mengobati pasien dengan gangguan kecemasan, depresi dan panik. Obat untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) termasuk dalam golongan obat benzodiazepin.

Benzodiazepin termasuk dalam kelas obat yang bekerja dengan menekan sistem saraf pusat. Penyalahgunaan benzodiazepin sering terjadi di kalangan remaja, bahkan orang dewasa. Secara umum, alprazolam merupakan salah satu obat benzodiazepin yang paling sering disalahgunakan.

Bagaimana cara kerja alprazolam?

Obat ini bekerja dengan cara menekan sistem saraf pusat sehingga memperlambat kerja sistem saraf. Dosis yang biasa digunakan oleh tenaga kesehatan untuk mengobati gejala kecemasan adalah 0,5 mg sampai 4 mg per hari. Obat ini akan bekerja 10-18 jam sesudah diminum.

Obat ini dapat mengobati gejala kecemasan karena juga memiliki efek antidepresan. Keuntungan lain dari obat ini adalah meredakan gejala kecemasan lebih cepat daripada obat lain.

Apa kemungkinan efek samping dari penggunaan alprazolam? Obat ini dapat menyebabkan depresi pernapasan, yaitu gangguan pernapasan yang dapat mengancam jiwa. Apalagi jika digunakan dalam dosis berlebihan atau bila dikombinasikan dengan narkotika lain.

Selain itu, obat ini juga dapat menyebabkan kantuk dan dapat memicu keinginan bunuh diri, sehingga penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter. Pada orang yang sedang hamil, obat ini tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan kelainan bawaan atau cacat bawaan pada bayi yang ada di dalam kandungan.

Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak sedang hamil sebelum mengonsumsi obat ini. Sedangkan efek jangka panjang yang dapat ditimbulkan dari penggunaan jangka panjang adalah perilaku agresif yang dapat berkembang seiring dengan penggunaan obat ini.

Efek jangka panjang lainnya yang dapat terjadi adalah efeknya pada sistem saraf pusat dan fungsi kognitif manusia. Efek jangka panjang pada sistem saraf pusat yang dapat terjadi antara lain mengantuk, bingung, dan sakit kepala. Sedangkan efek pada fungsi kognitif yang berkaitan dengan penggunaan jangka panjang adalah masalah koordinasi dan memori.

Codein obat apa? Codein merupakan obat yang memiliki manfaat untuk meredakan nyeri pada tingkat ringan hingga sedang. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet 10, 15, dan 20 mg. Selain tablet, Codeine juga tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul

Kodein merupakan salah satu obat yang dapat meredakan nyeri dan termasuk dalam golongan obat opioid. Obat ini dibuat dengan menggunakan ekstrak tumbuhan yang disebut opium.

Codein sendiri bekerja dengan cara mengurangi terjadinya respon berupa rasa sakit yang akan diterima oleh otak. Selain bermanfaat sebagai pereda nyeri, obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati batuk pada orang dewasa.

Untuk mengonsumsi obat ini, Anda harus mengikuti petunjuk dokter atau bisa melihat petunjuk yang tertera pada kemasan. Obat ini aman dikonsumsi setelah atau sebelum makan. Anda dapat minum kodein langsung dengan air.

Jika ada rasa mual setelah minum obat, dianjurkan untuk meminumnya setelah makan atau bisa juga dengan mengkonsumsi susu. Minumlah obat ini sesuai dengan dosis yang telah diberikan oleh dokter.

Jangan mengubah dosis, baik menambah atau menguranginya tanpa izin dokter terlebih dahulu. Usahakan untuk meminum obat secara bersamaan agar obat dapat bekerja lebih maksimal.

Korban penyalahgunaan narkoba perlu melalui proses rehabilitasi narkoba agar kualitas hidupnya dapat meningkat. Dengan mengikuti rehabilitasi narkoba, penyalahguna bisa mendapatkan kesempatan pemulihan yang lebih baik. Rehabilitasi narkoba sendiri merupakan proses pemulihan seseorang untuk kembali ke keadaan semula dan menghilangkan efek ketergantungan.

Rehabilitasi Narkoba sendiri meliputi tindakan dalam rangka memulihkan nama baik seseorang, berdasarkan Undang-Undang Presiden Republik Indonesia berhak memberikan grasi dan rehabilitasi.

Untuk Rehabilitasi Narkoba  bisa langsung mengunjungi Rehabilitasi Narkoba gratis di Jakarta untuk program pemulihan. Rehabilitasi Narkoba di Bogor dengan pelayanan dengan fasilitas premium, serta Rehabilitasi Narkoba di dekat Depok dengan program yang terpercaya dan bersertifikat. Jika Anda sedang mencari program rehabilitasi narkoba di Bekasi, tidak perlu jauh-jauh ke Ashefa saja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.